#Since 1994

Cika Cika dan Sungai Cikapundung

Jul 4 '15

Cika Cika dan Sungai Cikapundung

Cika Cika (bahasa Sunda) berarti Kunang Kunang (Danadibrata, R. A., Kamus Basa Sunda, 2006). Cika Cika adalah nama tempat di bantaran sungai Cikapundung. Letaknya di sekitar daerah Dago Atas, Bandung, Jawa Barat.

Istilah Cika Cika terdengar asing di telinga banyak orang karena kurangnya informasi dan pengenalan mengenai tempat ini. Pemberian nama Cika Cika mungkin karena dahulu banyak sekali kunang-kunang yang hidup di sana. Untuk memperkenalkan Cika Cika sekaligus ajang silaturahmi dan pelestarian budaya Sunda, Baraya Kota termotivasi mengundang kalangan dari beragam komunitas untuk menggelar acara di tempat tersebut. Lebih dari 50 orang terdiri atas mentor, volunter, fotografer, dan seniman alat musik tradisional Sunda hadir dalam acara ini. Hadir pula ketua Baraya Kota, R Yugian Leonardy dan Yusuf Maulana Ardisasmita (Kang Uceu) selaku mentor.

Baraya Kota selaku penyelenggara, memfasilitasi puluhan volunter yang hadir untuk bernyanyi dan belajar alat musik tradisional Sunda bersama kelompok Galengan Sora Awi. Alat musik yang dipelajari di antaranya kacapi, karinding, suling, celempung, goong awi, kendang awi, kecrek, kosrek, cerelek, dan songsong.

Acara dimulai dari pukul 3 sore meliputi momen silaturahmi, foto bersama, pembagian kartu member Baraya Kota, dan wawancara volunter bersama mentor mengenai kesan kegiatan Cika Cika. Penyelenggaraan Cika Cika yang berlangsung di bulan Juli tersebut bersamaan dengan acara buka puasa Ramadhan 2015.

Acara ini diakhiri dengan acara buka puasa bersama pada saat kumandang adzan maghrib. Komunitas yang hadir berbuka puasa dengan menikmati hidangan tradisional Jawa Barat seperti ubi, bandrek, nasi timbel, tahu, tempe, dan hidangan lainnya. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan di antara beragam komunitas dan melestarikan seni dan budaya Sunda yang ada di Jawa Barat. (WR)***

 

Leave a comment

Your email address will not be shared or published. Required fields are marked *

Event, News, and Knowledge

Top